Pengertian Beserta faktor faktor Penyebab Terjadi Globalisasi Terlengkap

Pengertian Beserta faktor faktor Penyebab Terjadi Globalisasi Terlengkap - Globalisasi ialah proses integrasi internasional yang terjadi disebabkan pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, serta aspek-aspek kebudayaan lainnya.Kemajuan infrastruktur transportasi serta telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf maupun Internet, merupakan salah satu faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan (interdependensi) aktivitas ekonomi maupun budaya.

Pengertian Globalisasi
Globalisasi

Meski dalam sejumlah pihak menyatakan bahwa globalisasi ini berawal di era modern, beberapa pakar lainnya melacak sejarah globalisasi sampai sebelum zaman penemuan Eropa serta pelayaran ke Dunia Baru. pada akhir Ada pula pakar yang mencatat terjadinya globalisasi pada milenium ketiga sebelum Masehi.Pada akhir abad ke-19 serta awal abad ke-20, keterhubungan ekonomi serta budaya dunia berlangsung dengan  sangat cepat.

Istilah globalisasi makin sering digunakan pada pertengahan tahun 1980-an serta lebih sering lagi sejak pertengahan 1990-an. Dan Pada tahun 2000, Dana Moneter Internasional (IMF) juga mengidentifikasi empat aspek dasar globalisasi: 

  1. perdagangan serta transaksi. 
  2. pergerakan modal serta investasi. 
  3. migrasi serta perpindahan manusia.
  4. pembebasan ilmu pengetahuan.
Selain itu, tantangan-tantangan dalam lingkungan seperti perubahan iklim, polusi air serta udara lintas perbatasan, dan juga pemancingan berlebihan dari lautan juga terdapat hubungannya dengan globalisasi.

 Proses globalisasi memengaruhi serta dipengaruhi oleh bisnis dan juga tata kerja, ekonomi, sumber daya sosial-budaya, maupun lingkungan alam.

Pengertian Globalisasi Menurut Ahli

  • Pengertian Globalisasi ialah suatu proses  yang memiliki hubungan dengan kondisi sosial serta juga memiliki ketergantungan antar yang lain yang berupa antara individu manusia serta antarnegara yang ada di dunia dalam skala yang besar. 
  • (A.G. McGrew, 1992) Pengertian Globalisasi ialah suatu proses di mana juga terdapat berbagai keputusan, peristiwa, serta kegiatan yang ada di belahan dunia yang satu dan juga dapat membawa konsekuensi yang penting bagi berbagai masyarakat maupun individu di belahan dunia yang lainnya . 
  • (Wikipedia Encyclopedia).  Pengertian Globalisasi ialah istilah yang banyak digunakan dalam menjelaskan yang berupa perubahan-perubahan yang terdapat di masyarakat dan di perekonomian dunia yang disebabkan karena adanya peningkatan perdagangan serta pertukaran kebudayaan 
  • Pengertian Globalisasi dapat ditafsirkan sebagai peningkatan terhadap ketergantungan diwilayah ekonomi antara negara di dunia disebabkan oleh meningkatnya serta beragamnya jumlah pertukaran barang dan jasa lintas negara dan  juga terjadinya  penyebaran teknologi yang cepat serta meluas ( IMF, World Economic Outlook).  Sehingga ini menunjukkan bahwa Globalisasi ternyata mengacu pada proses-proses yang berupa lintas perdagangan, informasi, serta budaya yang semakin bergerak melintasi batas Negara
  • Pengertian Globalisasi menurut Thomas L. Friedman ialah terbagi atas (2) dua dimensi yaitu dimensi teknologi serta dimensi ideologi dimana dimensi ideologi ialah yang berupa pahaman kapitalisme dan juga berorientasi pada pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi berorientasi pada pertukaran informasi suatu antar negara sehingga memudahkan dalam melakukan penyatuan dunia.
  • Pengertian Globalisasi Menurut Malcom Waters ialah suatu proses sosial yang mengakibatkan adanya pembatasan geografis maupun pembatasan wilayah negara tidak menjadi penghambat atau juga tidak penting lagi dalam menjalin sosial budaya, globalisasi seakan-akan berada dalam kesadaran setiap orang.
  • Pengertian Globalisasi menurut Emanuel Ritcher ialah suatu jaringan kerja global yang berguna untuk menyatukan masyarakat agar terjadinya sebuah ketergantungan antar yang lainnya sehingga terjadi persatuan dunia.
  • Pengertian Globalisasi menurut Anthony Giddens ialah suatu intensifikasi proses hubungan sosial yang ada pada  seluruh dunia yang juga dapat menghubungkan daerah yang begitu jauh serta dapat menginformasikan kejadian lokal kemudian membentuk peristiwa yang berada bermil-mil jauhnya dan juga sebaliknya.
  • Pengertian globalisasi menurut marti albrown ialah suatu proses dimana terdapat seluruh penduduk dunia yang akan terhubung dalam sebuah komunitas tunggal serta komunitas global.
Berikut Faktor Penyebab Globalisasi , Dampak Positif Dan Juga Dampak Negatif

faktor-faktor penyebab globalisasi adalah:

  1. Terjadi karena Adanya kemajuan di bidang teknologi informasi dan juga komunikasi sehingga dapat menjamin kemudahan terlaksananya transaksi ekonomi antarnegara.

  2. Terjadi karena Adanya kemajuan ilmu pengetahuan  pada bidang teknologi transportasi sehingga dapat juga memudahkan transfer barang serta jasa antarnegara.

  3. Terjadi karena Adanya kemajuan kerja sama ekonomi internasional yang semakin erat sehingga dapat memudahkan terjadinya  suatu kesepakatan-kesepakatan antarnegara.

Berkembangnya arus globalisasi jelas akan memberikan dampak pada kehidupan manusia, baik positif ataupun negatif. 

Berikut ini beberapa dampak positif globalisasi:

Dampak positif dari Globalisasi
  1. Pola hidup yang serba cepat: ialah Teknologi yang memberikan manfaat waktu bagi masyarakat, misalnya dikembangkannya dalam bidang pertanian. Penelitian bibit unggul, pembuatan mesin traktor, serta juga penggarapan sawah yang baik,  Dapat membuat petani yang awalnya memanen  padinya hanya enam bulan sekali, sekarang sudah dapat memanen padinya hanya setiap tiga bulan sekali.

  2. Pesatnya perkembangan informasi dan teknologi: ialah Perkembangan teknologi informasi yang sangat besar manfaatnya, mulai dari telepon selular, internet, maupun televisi. Manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dengan adanya perkembangan informasi sangat banyak. Misalnya, dengan adanya Televisi maka masyarakat akan mengetahui pengetahuan yang baru dan baik.
  3. Pemanfaatan sumber daya alam yang melimpah: ialah Teknologi berperan besar dalam usaha serta  pemanfaatan sumber daya alam, mulai dari penemuan sumber daya alam potensial, pengolahan sumber daya alam, serta penggunaan sumber daya alam. 

Dampak negatif globalisasi antara lain sebagai berikut:

Berikut dampak negatif dari globalisasi
  1. Berkurangnya tenaga kerja yang bergerak di sektor pertanian

  2. Perubahan dari kehidupan berasaskan kebersamaan menjadi kehidupan individualis: 

  3. Masuknya pola hidup budaya barat

Sekian dan Terima Kasih , Sudah Membaca Pengertian Beserta faktor faktor Penyebab Terjadi Globalisasi Terlengkap Semoga Dapat Bermanfaat Untuk Anda. 

0 Response to "Pengertian Beserta faktor faktor Penyebab Terjadi Globalisasi Terlengkap"

Post a Comment